Back To Top

Jumat, 08 September 2017

Contoh Program Kerja BK (Bimbingan dan Konseling) Kurikulum 2013

Contoh Program Kerja BK (Bimbingan dan Konseling) Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA, SMK ini merupakan perangkat terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini  khususnya untuk menunjang Kinerja Guru BK. Keberadaan Layanan Konseling disekolah memiliki perang yang sangat penting mengingat banyaknya permasalahan yang timbul dalam diri siswa baik masalah dengan teman, guru, keluarga, dll. Oleh karena itu kinerja seorang guru BK sangat harus terprogram dengan baik melalui Program Kerja BK ini.

seperti layaknya guru mata pelajaran menyusun perangkat pembelajaran, Program BK Kurikulum 2013 ini sebagai perencanaan yang dibuat diawal tahun yang tersusun atas Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Rencana Pelaksanaan Layanan, Jadwalm Penilaian, dll yang terbentuk menjadi sebuah program yang utuh.

Program BK Kurikulum 2013

Program BK Kurikulum 2013 SMP, SMA, SMK

Tugas Bimbingan dan Konseling/Konselor terkait dengan pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian peserta didik di sekolah/madrasah. Tugas guru bimbingan dan konseling/konselor yaitu membantu peserta didik dalam:
  1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.
  2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.
  3. Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan sekolah/madrasah secara mandiri.
  4. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir. 
Artikel Lainnya !!!

Semoga Contoh Pogram Kerja Paskibra Sekolah 2017 Terbaru ini dapat menjadi referensi yang baik untuk anda yang membutuhkannya. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai file penting lainnya berhubungan dengan Program Kerja Sekolah seperti RKS, RKAS, RKT, RKJM, dll baik untuk jenjang PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK terbaru.

Mohon di SHARE ya.....!!!!