Back To Top

Selasa, 17 Oktober 2017

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah SD, SMP, SMA 2017 Dengan Excel

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah SD, SMP, SMA 2017 Dengan Excel ini merupakan instrumen terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Evaluasi Diri Sekolah dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas Kepala Sekolah, Wakil unsur guru, Wakil Komite Sekolah, Wakil orang tua siswa, dan Pengawas sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator. Instrumen EDS ini adalah format terbaru yang dibuat dalam bentuk aplikasi excel dan juga disertai dengan petunjuk teknis tentang pengisian EDS.

Instrumen EDS 2017 Format Excel

Evaluasi Diri Sekolah menekankan pada perolehan tahapan setiap standar, yakni 1, belum memenuhi SPM, hampir memenuhi SPM, Sekolah telah melampaui SPM. Semua data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data tentang kondisi sekolah saat ini untuk dijadikan dasar penyusunan program untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah yang selaras dengan Standar Pendidikan Nasional.  Data yang diperoleh dari evaluasi diri hendaknya diperoleh dari semua pihak, baik data kualitatif maupun kuantitatif sehingga diperoleh informasi yang komprehensif.

Instrumen EDS 2017

  1. Data Identitas Sekolah
  2. Data Pendidik
  3. Data Tenaga Kependidikan
  4. Data Siswa dan Rombel
  5. Data Sarana dan Prasarana
  6. Data Pembiayaan
  7. Instrumen Standra Isi
  8. Instrument Standar Proses
  9. Instrument Standar Proses
  10. Instrument Satndar Kompetensi
  11. Instrument Standar Pengelolaan
  12. Instrument Standar Pembiyaan
  13. Instrument Standar Penilaian
  14. Rekapitulasi dan Grafik
  15. Rekomendasi 


Proses evaluasi diri sekolah merupakan siklus, yang dimulai dengan dibentuknya Tim Pengembang Sekolah (TPS) untuk melakukan evaluasi setelah mereka memperoleh pelatihan penggunaan Instrumen EDS ini. Tim mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menilai kinerja sekolah didasarkan atas indikator-indikator yang dirumuskan dalam Instrumen EDS. Kegiatan ini melibatkan semua staf sekolah serta mengupayakan memperoleh pendapat dari seluruh pemangku kepentingan disekolah. Selama proses kegiatan dilakukan, diharapkan ada satu visi yang jelas menyangkut wujud kinerja sekolah yang diinginkan.

Artikel Lainnya !!!
Contoh Laporan Evaluasi Diri Sekolah / EDS SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2017

Semoga Instrumen Evaluasi Diri Sekolah SD, SMP, SMA 2017 Dengan Excel ini dapat menjadi referensi yang baik untuk anda yang membutuhkannya. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai file penting lainnya berhubungan dengan Program Kerja Sekolah seperti RKS, RKAS, RKT, RKJM, dll baik untuk jenjang PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK terbaru.

Mohon di SHARE ya.....!!!!