Back To Top

Kamis, 08 Maret 2018

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2018

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2018 ini merupakan informasi terbaru yang akan kami share pada kesempatan kali ini. Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana kompetisi bagi guru kelas SD dan mapel SMP dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik pada bidang yang diampunya. Peserta dalam kegiatan OGN Dikdas 2018 terdiri atas Guru Kelas SD dan Guru SMP. Untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2018

Kegiatan OGN Dikdas bertujuan untuk memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerja guru, menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SD dan SMP, membangun komitmen guru SD dan SMP dalam meningkatkan mutu pendidikan dan, menguatkan profesi guru SD dan SMP sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.

Kegiatan OGN Dikdas 2018 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme sebagai berikut:
  • Pada tingkat kabupaten/kota seleksi administratif dan akademik secara daring (online).
  • Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis dengan bentuk pilihan jamak (multiple choice) dan isian singkat/esai/ mengarang.
  • Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
  • Pada tingkat nasional seleksi terdiri atas: (a) tes tertulis, (b). eksperimen/eksplorasi/unjuk kerja, (c). makalah dan presentasi.
  • Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar mengacu pada cakupan materi pada lampiran 1 pedoman ini.

Waktu Penyelenggaraan:
  • Seleksi administratif dan akademik tanggal 27 Februari - 9 Maret 2018 secara daring ( online) tingkat kabupaten/kota.
  • Seleksi tingkat provinsi tanggal 19 - 29 Maret 2018.
  • Seleksi tingkat nasional tanggal 29 April - 2 Mei 2018.


Semoga Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2018 ini dapat menjadi referensi yang baik untuk anda yang membutuhkannya. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai file penting lainnya berhubungan dengan Program Kerja Sekolah seperti RKS, RKAS, RKT, RKJM, dll baik untuk jenjang PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK terbaru.

Mohon di SHARE ya.....!!!!