Back To Top

Minggu, 08 April 2018

Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2018

Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2018 ini merupakan silabus terbaru yang akan saya bagikan secara gratis khususnya untuk Guru/ Siswa (yang berpartisipasi dalam OSN) dalam mempersiapan diri menjelang OSN 2018 jenjang SMA. Juklak OSN SMA 2018 dan Silabus OSN SMA Tahun 2018 ini dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang dapat Anda kunjungi di psma.kemdikbud.go.id. Dalam Silabus OSN 2018 SMA ini memuat 9 mapel yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Silabus OSN SMA Tahun 2018

Pelaksanaan OSN SMA Tahun 2018 ini akan melibatkan 34 provinsi dengan seleksi mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional. Adapun lomba yang akan diselenggarakan terdiri dari 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Persyaratan Umum Peserta:
  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar, KTP, SIM, atau Paspor.
  2. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.
  3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
  4. Setiap siswa hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.
  5. Belum pernah meraih medali emas OSN Jenjang SMA di bidang sains yang sama.
  6. Belum pernah mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Internasional jenjang SMA di Bidang Sains yang sama, sebagaimana daftar terlampir (lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional). 
  7. Peraih medali Tingkat Nasional bersedia mengikuti pembinaan khusus ke Tingkat Internasional.
  8. Memiliki nilai yang baik untuk semua mata pelajaran dan sikap yang baik.
  9. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah).

Download Silabus OSN 2018 SMA :



Semoga Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2018 ini dapat menjadi referensi yang baik untuk anda yang membutuhkannya. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai file penting lainnya berhubungan dengan Program Kerja Sekolah seperti RKS, RKAS, RKT, RKJM, dll baik untuk jenjang PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK terbaru.

Mohon di SHARE ya.....!!!!